Validitas Instrumen Penilaian Karakter Wasaka, Angket Kecerdasan Adversitas dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

Authors

  • Miftahul Aula Sa'adah UIN Antasari banjarbaru
  • Ita UIN Antasari Banjarbaru
  • Lutfiyanti Fitriah UIN Antasari Banjarbaru

DOI:

https://doi.org/10.32492/idea.v8i1.8102

Keywords:

validity, wasaka character, adversity intelligence, procrastination

Abstract

Permasalahan yang melingkupi dunia akademik pada perguruan tinggi adalah banyaknya mahasiswa yang menunjukkan mudah menyerah dalam mengerjakan tugas dan menunda-nunda pekerjaan, melihat fenomena tersebut maka perlu diukur bagaimana karakter waja hingga kaputing (wasaka) mahasiswa adalah karakter dan tingkat kecerdasan siswa yang gigih, rajin dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tekanan dan penundaan akademik yang ada pada diri siswa. Untuk mengukur hal tersebut diperlukan suatu alat ukur yang tepat agar diperoleh data yang valid mengenai ketiga aspek tersebut. Instrumen dikembangkan kemudian divalidasi dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan lembar penilaian karakter wasaka, angket kecerdasan adversity dan prokrastinasi akademik valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian berhasil dan dapat digunakan pada permasalahan yang berkaitan dengan dunia akademik di perguruan tinggi yaitu banyaknya mahasiswa yang menunjukkan mudah menyerah dalam mengerjakan tugas dan menunda-nunda pekerjaan, melihat fenomena tersebut. perlu dilakukan pengukuran karakter waja hingga kaputing (wasaka). Siswa yang memiliki karakter gigih, tekun dan pantang menyerah serta tingkat kecerdasan adversity siswa dalam menghadapi berbagai tekanan dan prokrastinasi akademik yang ada pada diri siswa. Untuk mengukur hal tersebut diperlukan suatu alat ukur yang tepat agar diperoleh data yang valid mengenai ketiga aspek tersebut. Instrumen dikembangkan kemudian divalidasi dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan lembar penilaian karakter wasaka, angket kecerdasan adversity dan prokrastinasi akademik valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen penilaian berhasil dan dapat digunakan dalam uji coba.

References

Yuanita Dwi Krisphianti, R. D. N. N. Y. S. (2020). Skala Pengukuran Karakter Adil: Salah Satu Instrumen sebagai Piranti BADRANAYA (Board-game Karakter Konselor Multibudaya). Jurnal Ilmiah Efektor, 7(1), 90–97. https://repository.unpkediri.ac.id/3737/2/C.1.c.5.b Skala Pengukuran Karakter Adil Salah satu Instrumen sbg Piranti BADRANAYA.pdf

Ani Rusilowati, Kasmadi Imam Supardi, dkk. (2021). Pengembangan Instrumen Karakter dalam Pembelajaran IPA. Penerbit Pustaka Rumah Cinta. https://books.google.co.id/books?id=ySA3EAAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false

Anisah, G. (2018). Validitas Instrumen Asesmen Menulis Cerpen Terintegrasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 15–25.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Lestari, N., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379

Lumban, G. P., Khumaedi, M., & Masrukan. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 63–70.

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885

Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 194–199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.101

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Sains Siswa Sekolah Dasar (Sd) Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i2.111

Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 46–54.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aula Sa’adah, M., Ita, & Fitriah, L. (2024). Validitas Instrumen Penilaian Karakter Wasaka, Angket Kecerdasan Adversitas dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. IDEA: Jurnal Psikologi, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.32492/idea.v8i1.8102