Optimalisasi Bisnis Lewat Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Perspektif Etika Islam

Authors

  • Adinda Zahra Raisya Kamil Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Haudh Al Maa’uun Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Kayla Faiza Rahmadhani Universitas Gajah Mada, Yogjakarta, Indonesia
  • Esa Iasyabillah Rosyada Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Siti Khoirunnisa Universitas Siber Muhammadiyah, Yogjakarta, Indonesia

Abstract

Kecerdasan Buatan atau artificial intelligence (AI) semakin mendominasi dinamika bisnis global melalui otomatisasi, analisis big data, pemasaran digital, dan sistem pengambilan keputusan. Dalam perspektif etika Islam, perkembangan teknologi harus diarahkan kemaslahatan dan terhindar dari praktik merugikan pihak lain. Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi mahasiswa pelaku bisnis pengguna AI mengoptimalkan praktik bisnis dengan nilai-nilai etika Islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara semi-terstruktur terhadap mahasiswa pelaku bisnis Universitas Diponegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden melihat AI sebagai peluang besar dalam peningkatan efisiensi bisnis, kualitas pelayanan, dan inovasi produk. Namun, mereka juga menekankan pentingnya penerapan prinsip syariah seperti keadilan, transparansi, kejujuran, dan keberlanjutan lingkungan dengan konsep Islamic AI Business Ethics Model (IABEM) sebagai kerangka praktis integrasi AI dengan etika Islam dalam bisnis modern.

Published

2025-08-01

How to Cite

Kamil, A. Z. R., Al Maa’uun, H., Rahmadhani, K. F., Rosyada, E. I., & Khoirunnisa, S. (2025). Optimalisasi Bisnis Lewat Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Perspektif Etika Islam. JURIKO: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(2), 39–48. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/JURIKO/article/view/1255