Dampak Aktifitas Samping Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Surodinawan Kota Mojokerto

Authors

  • Iwan Cahyono Universitas Darul Ulum
  • Saiful Arfaah Universitas Darul Ulum
  • Ummu Hifdhia Universitas Darul Ulum
  • Mohammad Hasib Al Isbilly Universitas Darul Ulum
  • Ruslan Hidayat Universitas Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32492/nucleus.v3i2.3203

Keywords:

Road segments, Traffic volume, Side obstacles, Road performance

Abstract

Jalan Surodinawan terdapat berbagai aktifitas dari fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat. Dampak yang ditimbulkan adalah bertambahnya volume kendaraan pada hari dan jam tertentu terutama pada jam-jam sibuk. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas jalan serta pengaruh hambatan samping terhadap ruas jalan Surodinawan Kota Mojokerto. Penelitian ini dilakukan dengan membagi Jalan Surodinawan menjadi 3 segmen, metode yang digunakan yaitu PKJI 2014. Hasil analisa dari penelitian ini yaitu volume lalu lintas pada segmen 1 sebesar 1396,53 skr/jam, segmen 2 sebesar 1135,44 skr/jam, dan segmen 3 sebesar 1199,07 skr/jam. Hambatan samping yang terjadi pada segmen 1 sebesar 561,36 kejadian dengan kelas hambatan samping Tinggi, segmen 2 sebesar 187,14 kejadian dengan kelas hambatan samping Rendah, segmen 3 sebesar 169,87 kejadian dengan kelas hambatan samping Rendah. Kinerja ruas jalan Surodinawan Kota Mojokerto masih layak dengan nilai derajat kejenuhan pada segmen 1 sebesar 0,58, segmen 2 sebesar 0,49, segmen 3 sebesar 0,50. Dari analisa kinerja pada ruas jalan Surodinawan Kota Mojokerto dengan tanpa memperhitungkan hambatan samping, didapatkan nilai kapasitas maupun kinerja ruas jalan mengalami peningkatan. Fenomena ini menyatakan bahwa adanya aktifitas samping jalan berdampak signifikan terhadap penurunan kinerja segmen jalan di sepanjang ruas Jl. Surodinawan Kota Mojokerto. Besarnya penurunan kinerja pada segmen 1 sebesar 12%, sedangkan pada segmen 2 dan 3 penurunan kinerja sebesar 4%.

References

Nurvita Insani M. Simanjuntak, J. Oberlyn Simanjuntak, Bartholomeus, dan Yan Pitter Gan. 2022. “Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Bahu Jalan” (Studi Kasus: Jalan Halat Kota Medan). CONSTRUCT : Jurnal Teknik Sipil Vol. 1, (No. 2).

Hidayat, Adib Wahyu. 2020. “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan” (Studi Kasus Ruas Jalan Depan Pasar Mayong Jepara). Penerapan Hambatan. INERSIA, Vol. XVI (No. 2), hal 171-178.

Cici N. N. Tahir, Lucia I. R. Lefrandt, Semuel Y. R. Rompis. 2022. “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Jalan Satu Arah” ( Studi Kasus: Jl. Sam Ratulangi Kota Manado). TEKNO – Volume 20 Nomor 82.

Kemensekneg., “Undang-undang nomor 2 tahun 2022 perubahan kedua atas Undang-undang nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan”. Sekretariat Negara. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum, “Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia,” Panduan Kapasitas Jalan Indonesia, vol. 2014, p. 95, 2014.

Tamin Z. Ofyar, “Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Trasportasi”, Penerbit ITB Bandung, 2008.

Putranto. Leksmono Suryo, “Rekayasa Lalu Lintas”, Indeks Jakarta, 2008.

https://mojokertokota.bps.go.id/id/publication/2023/02/28/8772f31348c9cfde1413f330/kota-mojokerto-dalam-angka-2023.html

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Cahyono, I., Arfaah, S., Hifdhia, U., Hasib Al Isbilly, M., & Hidayat, R. (2024). Dampak Aktifitas Samping Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Surodinawan Kota Mojokerto. Nucleus Journal, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.32492/nucleus.v3i2.3203

Issue

Section

Articles