Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa SMK

Authors

  • Wisnu Kurniawan Universitas Darul Ulum Jombang
  • Siti Arifah Universitas Darul 'Ulum Jombang

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua Demokratis;, Kedisiplinan Belajar;, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas XI SMK ditinjau dari pola asuh orang tua demokratis dan kedisiplinan belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex post facto. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 52 siswa SMK di Kota Madiun. Analisis data menggunakan regresi linier berganda yang dibantu dengan aplikasi IBM SPSS v22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung = 16,592 dan Ftabel = 3,43 dan dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama pola asuh dan kedisiplinan belajar mempunyai pengaruh pada kemandirian belajar siswa SMK Kota Madiun

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Kurniawan, W., & Arifah, S. (2023). Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa SMK. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/Thalaba/article/view/122