Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Expressive Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Peserta Didik

Authors

  • Reza Setya SMK PGRI 2 Jombang

Keywords:

Emotion Management;, Group Counseling;, Expressive writing Techniques.

Abstract

 Masa remaja adalah periode peralihan yang melibatkan perubahan dalam aspek fisik, mental, dan sosial. Perubahan tersebut sering memengaruhi suasana hati dan respons emosional pada remaja. Riset ini menyoroti pentingnya kemampuan remaja dalam mengelola emosi, terutama emosi marah, guna mencapai kesehatan mental yang baik dan kemampuan menyelesaikan konflik. Berdasarkan survei awal di SMK PGRI 2 Jombang, ditemukan bahwa beberapa peserta didik menunjukkan manajemen amarah yang buruk, menimbulkan perselisihan antar teman sekelas dan kesulitan komunikasi. Oleh karena itu, riset ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan menggunakan teknik expressive writing dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengelola emosi marah. Riset ini menerapkan desain eksperimen kuasi dengan menggunakan kelompok kontrol yang tidak ekuivalen. Sampel riset terdiri dari 12 peserta didik kelas X TPM 3, dengan 6 peserta didik ditempatkan dalam kelompok eksperimen dan 6 peserta didik dalam kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik expressive writing, sedangkan kelompok kontrol tetap melanjutkan kegiatan belajar seperti biasanya. Data dikumpulkan melalui angket pretest dan posttest yang mengukur kemampuan mengelola emosi marah.

Downloads

Published

2025-11-02

How to Cite

Setya, R. (2025). Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Expressive Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Peserta Didik. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 7(2), 51–67. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/Thalaba/article/view/608