Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru BK terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Muhammad Mitakhur Rizqi MA Darul Ulum Bandung Diwek
  • Agus Rizal Universitas Darul Ulum

Keywords:

pedagogical competence;, professional competence;, learning motivation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak manajemen diri terhadap penyesuaian individu. Self-management Hal ini mengacu pada kemampuan individu untuk mengatur dan mengendalikan dirinya dalam berbagai situasi kehidupan. Penyesuaian diri, di sisi lain, mengacu pada kemampuan individu untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial, emosional, dan fisik. Metode penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari sampel yang dipilih secara acak. Sampel terdiri dari individu yang mewakili berbagai latar belakang demografis dan profesional. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik yang sesuai. Analisis tersebut mengungkapkan adanya hubungan positif antara tingkat pengendalian diri individu dan tingkat penyesuaiannya. Individu dengan tingkat self-management yang lebih tinggi cenderung memiliki tingkat penyesuaian diri yang lebih baik, sedangkan individu dengan tingkat self-management yang rendh cenderung mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka. Penelitian dilakukan terhadap 90 siswa dan jumlah sampelnya adalah 73 siswa. Alat ukur penelitian menggunakan skala Self Management dan skala Penyesuaian diri. Dari hasil analisis data, hasil uji F bahwa diketahui nilai F hitung 73.583 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 nilai sig lebih kecil dari 0.05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya self management terhadap penyesuaian diri berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa self management memberikan pengaruh terhadap penyesuaian diri.

Downloads

Published

2025-11-02

How to Cite

Rizqi, M. M., & Rizal, A. (2025). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru BK terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 7(2), 80–99. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/Thalaba/article/view/614