Revitalisasi Madrasah Diniyah: Kunci Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Mojotrisno
DOI:
https://doi.org/10.32492/arsy.v9i1.9102Keywords:
Sekolah Dasar, Pendidikan islam, Madrasah Diniyah, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Jombang. Fokus penelitian meliputi strategi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dalam menginternalisasi nilai-nilai moral dan keagamaan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Madrasah Diniyah di SD Negeri Mojotrisno dilakukan melalui pendekatan integratif dengan memadukan metode klasikal, ekstrakurikuler, serta program keagamaan berbasis pengalaman langsung. Implementasi ini terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam aspek kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan religiositas. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan sarana pembelajaran. Studi ini merekomendasikan peningkatan metode pengajaran dan penyediaan fasilitas pendukung agar implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah semakin optimal dalam membentuk karakter siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arsy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.