Revitalisasi Madrasah Diniyah: Kunci Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Mojotrisno

Authors

  • Tanjudan Sukma Winata Tanjudan Universitas Darul 'Ulum Jombang
  • Mochamad Farid Ubaidillah Farid Sekolah Dasar Negeri Mojotrisno, Mojoagung, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32492/arsy.v9i1.9102

Keywords:

Sekolah Dasar, Pendidikan islam, Madrasah Diniyah, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Jombang. Fokus penelitian meliputi strategi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dalam menginternalisasi nilai-nilai moral dan keagamaan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Madrasah Diniyah di SD Negeri Mojotrisno dilakukan melalui pendekatan integratif dengan memadukan metode klasikal, ekstrakurikuler, serta program keagamaan berbasis pengalaman langsung. Implementasi ini terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam aspek kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan religiositas. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan sarana pembelajaran. Studi ini merekomendasikan peningkatan metode pengajaran dan penyediaan fasilitas pendukung agar implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah semakin optimal dalam membentuk karakter siswa.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Tanjudan, T. S. W., & Farid, M. F. U. (2025). Revitalisasi Madrasah Diniyah: Kunci Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Mojotrisno. Arsy, 9(1), 18–28. https://doi.org/10.32492/arsy.v9i1.9102