Implementasi Pembelajaran PAI sebagai Pilar Pembentukan Kepribadian Muslim di SMP Negeri 2 Ngoro

Authors

  • Imam Muslih Universitas Darul Ulum Jombang
  • Muhtadi Muhtadi Universitas Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32492/arsy.v9i1.9104

Keywords:

Pembelajaran Agama Islam, Kepribadian Muslim, Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Negeri 2 Ngoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 2 Ngoro dilakukan melalui pendekatan holistik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Guru tidak hanya menyampaikan materi secara teoritis, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa melalui kegiatan praktik ibadah, keteladanan akhlak, dan pembiasaan perilaku Islami di lingkungan sekolah. Faktor pendukung meliputi komitmen guru, lingkungan sekolah yang kondusif, serta dukungan dari orang tua. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti keterbatasan waktu dan kurangnya motivasi sebagian siswa. Secara keseluruhan, penerapan pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 2 Ngoro efektif dalam membentuk kepribadian muslim yang berakhlakul karimah, disiplin, dan bertanggung jawab.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Muslih, I., & Muhtadi, M. (2025). Implementasi Pembelajaran PAI sebagai Pilar Pembentukan Kepribadian Muslim di SMP Negeri 2 Ngoro. Arsy, 9(1), 46–57. https://doi.org/10.32492/arsy.v9i1.9104