Penguatan Minat Menghafal Surat Pendek dan Doa Melalui Teknik Token Economy di TPQ An-Najah

Authors

  • Pingky Yustyana Universitas Darul Ulum
  • Muhammad Iqbal Abdulloh Universitas Darul Ulum
  • Yati Eka Setiya Rini Universitas Darul Ulum
  • Nurun Nabila Universitas Darul Ulum
  • Wardatul Mufidah Universitas Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32492/dimas-undar.v3i1.3101

Keywords:

interest in memorizing, rewards, economic tokens

Abstract

ABSTRAK

 

Program pendampingan ini bertujuan untuk memberikan dukungan penguatan menghafal pada  anak melalui metode reward teknik token economy pada anak di TPQ An-Najah. Program pendampingan ini merupakan bagian dari kegiatan untuk pengabdian masyarakat pada anak TPQ yang dilakukan selama 6 hari dengan desain program mengahafal doa dan surat-surat pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, latihan tugas, dan penerapan metode reward menggunakan teknik token economy. Hasil akhir dari implementasi program menunjukkan bahwa tampak adanya peningkatan menghafal anak setelah diterapkan metode reward teknik token economy. Indikator perasaan senang mengalami peningkatan sebesar 12 poin, indikator keterlibatan meningkat sebesar 15 poin, indikator Aktif, Semangat, Percaya diri, Antusias, dan Kompetitif dapat ditingkatkan melalui penerapan metode reward teknik token economy.

Kata kunci: Minat Menghafal, Reward, Token economy

 

ABSTRACT

This mentoring program aims to provide support for strengthening memorization to children through the token economy technique reward method for children at TPQ An-Najah. This mentoring program is part of the activities to fulfill the 6-day Behavior Modification Course with the design of a program to memorize prayers and short letters. Data collection was carried out by observing, practicing assignments, and applying the reward method using the token economy technique. The end result of program implementation shows that there appears to be an increase in children's memorization after the token econo  my technique reward method is applied. The feeling of joy indicator has increased by 12 points, the involvement indicator has increased by 15 points, the Active, Enthusiastic, Confident, Enthusiastic, and Competitive indicators can be increased through the application of the token economy technique reward method

Keywords : interest in memorizing, rewards, economic tokens

References

Adila Galuh Agista. “Penerapan Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Pra Sekolah”. Skiripsi, Universitas Muhammadiyah, Malang, 2017(skripsi tidak diterbitkan)

Arifatun, F. (2015). Pengaruh Token Economy Terhadap Disiplin Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini:

Febrianti, Y. N. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF, 6(2), 93–102. :

Firmansyah, D. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA, 3, 34–44. :

Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019)

Hurriyati, D., Butar, N. B., & Arisandy, D. (2022). Penerapan Metode Reward Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di TK Melati Desa Air Rupik, 3(1). Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar anak-anak, 1(1), 128–135.

Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bastanul Athfal Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. EJournal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Sadirman, A. . (2014). Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Simbolon, N. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK NAEKLAN, 14–19.

D Wigati, W Mufidah Pengembangan Alat Ukur Metode Observasi Rating Scale: Perilaku Emosi Marah Dan Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini

Downloads

Published

12-05-2024

How to Cite

Yustyana, P., Iqbal Abdulloh, M., Eka Setiya Rini, Y., Nabila, N., & Mufidah, W. (2024). Penguatan Minat Menghafal Surat Pendek dan Doa Melalui Teknik Token Economy di TPQ An-Najah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32492/dimas-undar.v3i1.3101