Penguatan Minat Menghafal Surat Pendek dan Doa Melalui Teknik Token Economy di TPQ An-Najah
DOI:
https://doi.org/10.32492/dimas-undar.v3i1.3101Keywords:
interest in memorizing, rewards, economic tokensAbstract
ABSTRAK
Program pendampingan ini bertujuan untuk memberikan dukungan penguatan menghafal pada anak melalui metode reward teknik token economy pada anak di TPQ An-Najah. Program pendampingan ini merupakan bagian dari kegiatan untuk pengabdian masyarakat pada anak TPQ yang dilakukan selama 6 hari dengan desain program mengahafal doa dan surat-surat pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, latihan tugas, dan penerapan metode reward menggunakan teknik token economy. Hasil akhir dari implementasi program menunjukkan bahwa tampak adanya peningkatan menghafal anak setelah diterapkan metode reward teknik token economy. Indikator perasaan senang mengalami peningkatan sebesar 12 poin, indikator keterlibatan meningkat sebesar 15 poin, indikator Aktif, Semangat, Percaya diri, Antusias, dan Kompetitif dapat ditingkatkan melalui penerapan metode reward teknik token economy.
Kata kunci: Minat Menghafal, Reward, Token economy
ABSTRACT
This mentoring program aims to provide support for strengthening memorization to children through the token economy technique reward method for children at TPQ An-Najah. This mentoring program is part of the activities to fulfill the 6-day Behavior Modification Course with the design of a program to memorize prayers and short letters. Data collection was carried out by observing, practicing assignments, and applying the reward method using the token economy technique. The end result of program implementation shows that there appears to be an increase in children's memorization after the token econo my technique reward method is applied. The feeling of joy indicator has increased by 12 points, the involvement indicator has increased by 15 points, the Active, Enthusiastic, Confident, Enthusiastic, and Competitive indicators can be increased through the application of the token economy technique reward method
Keywords : interest in memorizing, rewards, economic tokens
References
Adila Galuh Agista. “Penerapan Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Pra Sekolah”. Skiripsi, Universitas Muhammadiyah, Malang, 2017(skripsi tidak diterbitkan)
Arifatun, F. (2015). Pengaruh Token Economy Terhadap Disiplin Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini:
Febrianti, Y. N. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF, 6(2), 93–102. :
Firmansyah, D. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA, 3, 34–44. :
Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019)
Hurriyati, D., Butar, N. B., & Arisandy, D. (2022). Penerapan Metode Reward Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di TK Melati Desa Air Rupik, 3(1). Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar anak-anak, 1(1), 128–135.
Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bastanul Athfal Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. EJournal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).
Sadirman, A. . (2014). Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Simbolon, N. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK NAEKLAN, 14–19.
D Wigati, W Mufidah Pengembangan Alat Ukur Metode Observasi Rating Scale: Perilaku Emosi Marah Dan Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pingky Yustyana Psikologi, Muhammad iqbal abdulloh psikolog, Yati Eka Setiya Rini psikolog, Nurun Nabila psikolog, Wardatul mufidah psikolog
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Attach Copyright form:
1. Download Copyright Form Template
2. Check the similarity of the manuscript with Turnitin, maximum similarity 25%
Send to email: dimas.undar1965@gmail.com