Strategi Digital Branding Produk Tas Kulit pada Sentra Kerajinan Khas Manding Sabdodadi Bantul

Authors

  • Puji Handayani Putri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ari Retno Purwanti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32492/dimas-undar.v3i1.3102

Keywords:

pengrajin kulit,, branding produk, web UMKM

Abstract

Pengrajin kulit Arum Handycraf yang merupakan salah satu UMKM yang berada di daerah Desa Wisata Manding RT 07 Sabdodadi Bantul mengalami penurunan dalam penjualan dan pemasaran produk yang dihasilkannya sejak masa pandemi hingga sekarang. Seiring berjalannya waktu UMKM ini mulai bangkit perlahan dalam memproduksi dan menjual produk. Tujuan pengabdi berusaha membantu meningkatkan penjualan dengan melakukan branding produk yang dihasilkan baik secara offline maupun online. Branding secara offline antara lain membuat design iklan tentang produk kemudian di publikasikan melalui media cetak dan non cetak. Branding secara online/digital berupa memperluas pangsa pasar melalui pemasaran online yaitu Web UMKM. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelaksanaan penyuluhan berupa pelatihan, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan pengabdian ini antara lain pemberian pengetahuan tentang pentingnya branding produk pada pelaku UMKM dan pemasaran digital melalui web UMKM. Web UMKM dibuat dengan visualisasi merek yang sejalan dengan identitas UMKM serta web UMKM yang mudah digunakan oleh pelaku UMKM. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini pelaku UMKM mengerti pentingnya branding produk serta kaidah yang benar, foto produk berkualitas tinggi tampil di web UMKM lengkap dengan informasi detail barang berupa spesifikasi kulit yang digunakan serta harga. Pengrajin menjadi lebih dapat memasarkan produk secara lebih luas dengan ciri khas yang dimiliki.

 

 

References

A. A. Destrina, G. C. Lukyanto, M. C. Dewanti, and S. Aminah, J. Pengabdi. pada Masy. 2, 1473–1478 (2022).

A. Karim, Fadlina, and G. Ginting, J. Pengabdi. Masy. Gemilang. 2, 12–16 (2021).

Ni Komang Sri Julyantari, I. G. A. V. Purnama, I. G. N. N. Bagiarta, P. P. G. P. Pertama, and M. Liandana, Abdiformatika J. Pengabdi. Masy. Inform. 1, 26–33 (2021).

Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Strategic brand management: building, measuring, and managing brand ... Keller, Kevin Lane, author ... Penerbitan, New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2008.

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

https://pandagila.com/branding

https://kumparan.com/karjaid/mengenal-branding-in-multi-creative-company- inspiratif- di-samarinda-1sKP4l0DV6w

http://blog.iscreativeworks.com/idealist/jualan-dulu-atau-branding-dulu

Downloads

Published

12-05-2024

How to Cite

Handayani Putri, P., & Retno Purwanti, A. (2024). Strategi Digital Branding Produk Tas Kulit pada Sentra Kerajinan Khas Manding Sabdodadi Bantul . Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.32492/dimas-undar.v3i1.3102