Teknik Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak di TK Utami, Ceweng, Diwek, Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32492/dimas-undar.v3i1.3104Keywords:
Keywords : Token Economy Technique, Children,s Independence, RewardsAbstract
Pendidikan taman kanak-kanak merupakan tahap penting dalam perjalanan pendidikan anak. Karena di usia ini, anak mengalami perkembangan pesat dalam berbagai aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Pendidikan taman kanak-kanak dirancang untuk memberikan stimulasi dan dukungan yang optimal untuk membantu anak mencapai potensi mereka. Hal tersebut harus didukung oleh metode belajar yang tepat untuk mencapai potensi anak. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode teknik token economy. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak-anak TK Utami Ceweng Diwek Jombang. Hasil dari pengabdian ini telah mendapatkan dampak dari teknik token economy yang menunjukkan adanya peningkatan sikap kemandirian anak-anak TK Utami ditunjukkan dengan sikap antusias anak untuk mengumpulkan stiker bintang sebanyak-banyaknya. Berdasarkan hasil kegiatan untuk meningkatkan kemandirian anak pada hari pertama sebesar sebesar 54% pada hari kelima meningkat menjadi 86,1% dari 14 anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemandirian anak-anak TK Utami di Desa Ceweng Diwek Jombang melalui penerapan teknik token economy.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rida Nuriansyah, Alfa Ulaiyil Udhama, Sri Rejeki Aminingsih, Syarifatun Nirmala, Neneng Aprilia, M. Reza Syah, Alek Kurnianto, M. Abi Khadhromy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Attach Copyright form:
1. Download Copyright Form Template
2. Check the similarity of the manuscript with Turnitin, maximum similarity 25%
Send to email: dimas.undar1965@gmail.com