PENGARUH LIVE STREAMING, AFILLIATTE MARKETING DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKTOK SHOP PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DARUL ULUM
Streaming, Afilliatte, Diskon dan Pembelian
Keywords:
Streaming, Afilliatte, Diskon dan PembelianAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, peneliti juga menggunakan data sekunder yang didapatkan dari jurnal dan dari Biro Administrasi Akademik dari Universitas Darul Ulum. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Darul Ulum Jombang Angkatan 2021-2024 yang pernah berbelanja melalui live streaming, afilliatte marketing dan pernah menggunakan diskon pada TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Pada penelitian ini, berdasarkan uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel live streaming (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y), afilliatte marketing (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y), dan diskon (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Melalui uji F diketahui bahwa secara simultan variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependen. Angka Adjuster R Square sebesar 0,342 atau 34,2% sedangkan 68,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.