EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PEGADAIAN UPC PACITAN
Efektivitas, aplikasi pegadaian dan kualitas pelayanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan aplikasi pegadaian digital dalam meningkatkan kulaitas pelayanan di pegadaian UPC Pacitan. Salah satu langkah penting transformasi ini adalah peluncuran layanan digital Aplikasi Pegadaian Digital Sevice (PDS) Pegadaian mulai mengubah transformasi perusahaan menjadi lembaga keuangan yang lebih kompetitif dan adaptif terhadap perubahan melalui strategi G5Star. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan dengan cara pengumpulan data di lapangan dan wawancara. Subjek penelitian adalah pegawai pegadaian UPC Pacitan, teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang menyatakan bahwa, aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi pegadaian di Unit Pelayanan Cabang (UPC) Pacitan telah berjalan cukup efektif sejak diterapkan pada pertengahan tahun 2021. Aplikasi ini telah menggantikan banyak proses manual dalam pelayanan, seperti pencatatan transaksi, pembayaran cicilan, hingga pelaporan keuangan dan Penggunaan aplikasi Pegadaian terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan yang diterima nasabah. Layanan menjadi lebih cepat, akurat, dan nyaman, karena nasabah dapat mengakses berbagai fitur layanan secara mandiri tanpa harus datang ke kantor.