PENGARUH PERILAKU DAN DISIPLIN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH KABUPATEN JOMBAN

Perilaku Pegawai, Disiplin Pegawai, Kepuasana Pengguna Layanan

Authors

  • Aniek Kurniati Universitas Darul Ulum
  • Aslichah Universitas Darul Ulum
  • Machin Universitas Darul Ulum
  • Linda Ratnasari Universitas Darul Ulum

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perilaku dan disiplin pegawai terhadap kepuasan pengguna layanan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang. Pendekatan yang digunakan terhadap masalah dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan sampel 100 responden dari jumlah populasi 130 lembaga SMA/SMK/PKLK pengguna layanan yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 31. Penelitian ini menunjukkan hasil yang didapatkan dari uji t dan uji f bahwa secara parsial, perilaku pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan 4,852 > 1,660 (t-hitung > t-tabel) dan sig = < 0,001 (sig < 0,05). Demikian pula, disiplin pegawai juga memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan, 6,184 > 1,660 (t-hitung > t-tabel) dan sig < 0,001 (sig < 0,05). Secara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan, nilai f-hitung > f-tabel (198,350 > 3,089) dan diketahui sig < 0,001, nilai tersebut < 0,05 sebagai dasar pengambilan keputusan dalam uji f. Dari hasil pengujian ini, peningkatan perilaku pelayanan dan penerapan disiplin pegawai yang konsisten merupakan kunci dalam meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Aniek Kurniati, Aslichah, Machin, & Linda Ratnasari. (2025). PENGARUH PERILAKU DAN DISIPLIN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH KABUPATEN JOMBAN: Perilaku Pegawai, Disiplin Pegawai, Kepuasana Pengguna Layanan. EBA Journal: Journal Economic, Bussines and Accounting, 12(2). Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/eBA/article/view/1058