PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS, CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEPUNG BUMBU SAJIKU
Psikologis, Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian
Abstract
Tepung bumbu instan, terutama tepung bumbu serbaguna seperti produk Sajiku dari PT. Ajinomoto, semakin diminati masyarakat modern karena kemudahan penggunaan dan harga yang terjangkau. Peningkatan konsumsi produk ini didorong oleh gaya hidup yang dinamis dan kebutuhan konsumen akan produk praktis yang dapat menghemat waktu serta memenuhi preferensi rasa yang konsisten. Selain itu, faktor psikologis, citra merek, dan kepercayaan konsumen menjadi aspek penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk tepung bumbu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor psikologis, citra merek, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian produk tepung bumbu serbaguna sajiku secara parsial dan simultan. jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Setelah itu pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode convenience sampling yang melibatkan 136 responden. metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, faktor psikologis, citra merek, dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk tepung bumbu serbaguna sajiku. Sementara itu, kepercayaan konsumen menunjukan pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian. Uji simultan menunjukan bahwa ketiga variabel independent tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk tepung bumbu serbaguna sajiku.