PENGARUH HARGA, KUALITAS DAN MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AKRILIK DI CV. DEWA PRINT KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan
media promosi terhadap keputusan pembelian produk akrilik di CV. Dewa Print
Kabupaten Mojokerto. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya
strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing usaha kecil menengah,
khususnya di sektor percetakan produk akrilik. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada
60 responden konsumen Dewa Print. Teknik pengambilan sampel random
sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan), dan koefisien
determinasi (R²) menggunakan SPSS versi 22. Hasil analisis uji t menunjukkan
variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk
dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel. Sedangkan kualitas produk, dan media
promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk
dengan thitung lebih besar dari ttabel pada uji t. Hasil uji F ketiga variabel x
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk akrilik di CV. Dewa
Print Mojokerto dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dan membandingkan nilai
pada taraf signifikansi (sig) pada hasil uji F.