analisis pengaruh PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PAKAIAN PADA MAHASISWA GEN Z FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM

PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PAKAIAN

Authors

  • shofiatul hidayah Universitas Darul 'Ulum
  • Rubait Dasururi Universitas Darul Ulum
  • Aslichah Universitas Darul Ulum

Keywords:

Influencer Marketing, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Generasi Z, Fashion

Abstract

Perkembangan media sosial yang pesat telah mengubah lanskap pemasaran, terutama di kalangan generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk fashion di kalangan mahasiswa Gen Z Fakultas Ekonomi Universitas Darul `Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Sebanyak 79 mahasiswa Gen Z berperan sebagai responden dalam studi ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik influencer marketing maupun citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di kalangan mahasiswa Gen Z. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa Gen Z sangat dipengaruhi oleh rekomendasi dari influencer yang mereka ikuti, serta persepsi mereka terhadap citra merek suatu produk. Dari hasil penelitian ini, pelaku bisnis diharapkan dapat memahami pentingnya memanfaatkan influencer marketing dan membangun citra merek yang positif untuk menarik minat konsumen generasi Z.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

hidayah, shofiatul, Rubait Dasururi, & Aslichah. (2025). analisis pengaruh PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PAKAIAN PADA MAHASISWA GEN Z FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM: PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PAKAIAN. EBA Journal: Journal Economic, Bussines and Accounting, 12(1), 21–28. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/eBA/article/view/823