Analisis Pengaruh PENGARUH CONTENT MARKETING, TARIF, DAN CUSTOMER REVIEW (SOCIAL PROOF) JASA TRANSPORTASI MOBIL ABDURROHMAN TRANSPORT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI JOMBANG
Pengaruh Content Marketing, Tarif, dan Customer Review (Social Proof) Terhadap Kepuasan Pelanggan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing, tarif, dan customer review (social proof) terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi mobil Abdurrohman Transport di Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan melibatkan 100 responden yang diambil melalui kuesioner. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tehnik sampling jenuh dimana semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah sama dengan jumlah populasi sebanyak 100 pelanggan Abdurrohman Transport. Tehnik analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda dengan alat SPSS 21. Dari analisis uji t (parsial) diperoleh bahwa variabel content marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. variabel tarif dan customer review berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel content marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis uji F (simultan) diperoleh bahwa varoiabel content marketing, tarif, dan customer review berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Abdurrohman Transport perlu lebih fokus pada penentuan tarif yang kompetitif dan pengelolaan reputasi online melalui review atau ulasan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.