PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, KUALITAS INFORMASI DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE
Keragaman Produk, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan, dan Keputusan Pembelian
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara keragaman produk, kualitas informasi dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian di Shopee pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Darul Ulum. Variabel yang dipilih dalam penelitian ini adalah keragaman produk sebagai X1, Kualitas Informasi sebagai X2, kemudahan penggunaan sebagai X3 dan Keputusan pembelian sebagai Y.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui aplikasi google form dan secara langsung menggunakan hardcopy dan langsung dibagikan pada sampel yang dituju selain itu peneliti juga menggunakan data sekunder yang didapatkan dari jurnal maupun e-book secara online dan data yang didapatkan dari Biro Administrasi Akademik dari Universitas Darul Ulum. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Darul Ulum Jombang Angkatan 2021-2024 yang pernah menggunakan atau membeli pada aplikasi Shopee. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 81 responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Program SPSS versi 26.
Pada penelitian ini, berdasarkan uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel keragaman produk (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), kualitas informasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan kemudahan penggunaan (X3) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Melalui uji F diketahui bahwa secara simultan variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependent. Angka R Square sebesar 0,414 atau 41,4% sedangkan 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.