PENGARUH INFORMATION QUALITY DAN INFORMATION AKSESIBILITY TERHADAP KEPUASAN SEKOLAH DALAM LAYANAN INFORMASI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN JOMBANG (STUDI PADA SMP SEKABUPATEN JOMBANG)
Information Quality, Information Aksesibility dan Kepuasan
Abstract
Teknologi komunikasi dan informasi yang semakin berkembang mengakibatkan terjadinya perubahan di kehidupan masyarakat dan bagaimana upaya yang dilakukan pemerintah dalam memberikan layanan kepada mereka terhadap publik. Tujuan penelitian ini adalah mengukur dan menjelaskan pengaruh Information Quality dan Information Accessibility terhadap kepuasan sekolah terhadap layanan informasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatif yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan. populasi seluruh SMP se-Kabupaten Jombang sebanyak 135 SMP Negeri dan Swasta di Jombang dengan sampel yang berjumlah 57 orang, Teknik analisis data menggunakan teknik analisis inferensial yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan regresi. Uji hipotesis menggunakan Uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Information Quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Sekolah sebagai Pengguna Layanan, Aksesibilitas Informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Sekolah sebagai Pengguna Layanan dan Information Quality dan Aksesibilitas Informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Sekolah sebagai Pengguna Layanan