HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM SKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.32492/idea.v8i2.8206Keywords:
Dukungan Sosial, skripsi, tingkat stresAbstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Stres adalah respon fisik, psikologis, emosional, dan mental individu terhadap tekanan yang mengancam kemampuan untuk mengatasinya. Penelitian melibatkan 102 mahasiswa dari universitas di Jombang dengan data yang dikumpulkan secara online melalui teknik purposive random sampling menggunakan Google Form. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, semakin rendah tingkat stres mahasiswa. Kesimpulan menekankan pentingnya dukungan teman sebaya dalam tingkat stres mahasiswa.
References
Asrar, A. M., & Taufani. (2022). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP QUARTER-LIFE CRISIS PADA DEWASA AWAL. JIVA: Journal of Behavior and Mental Health E, 3(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v3i1.2002
Cohen, S., & Janicki-Deverts, D. (2012). Who’s Stressed? Distributions of Psychological Stress in the United States in Probability Samples from 1983, 2006, and 2009. Journal of Applied Social Psychology, 42(6), 1320–1334. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2012.00900.x
Cohen, S., Kamarck, T., & Mermelstein, R. (1983). A Global Measure of Perceived Stress. Source: Journal of Health and Social Behavior, 24(4), 385–396. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/2136404
Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, Social Support, and the Buffering Hypothesis. Psychologkal Bulletin, 98(2), 310–357. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0033-2909.98.2.310
Dini, P. R., & Iswanto, A. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres dalam Menyusun Tugas Akhir Pada Mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan, 10(2), 88–97. https://doi.org/https://doi.org/10.52299/jks.v10i2.50
Ginata, A. J., Astuti, R. D. I., & Hartati, J. (2023). Tingkat Stres Berdasarkan Jenis Stresor Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Tahap Akademik Fakultas Kedokteran Unisba. Jurnal Riset Kedokteran, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.29313/jrk.vi.1915
Hariaty, Elita, V., & Dilaluri, A. (2023). GAMBARAN STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 11(1).
Mz, I., & Marhani, I. (2020). DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA. PSYCHO IDEA, 18(2), 1693–1076.
Rahakratat, Wuisang, M., & Tendean, A. F. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRESPADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNKLAB. KLABAT JOURNAL OF NURSING, 3(2), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.37771/kjn.v3i2.573
Ruriyanti, N. R., Rahman, S., M, S. M., & Basit, M. (2023). HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA KESEHATAN TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS SARI MULIA. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), 8(2), 184–189. https://doi.org/https://doi.org/10.51143/jksi.v8i2.493
Sardi, L. N., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Subjective Well-Being Pada Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren. Acta Psychologia, 2(1), 41–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/ap.v1i1.34116
Sukarni, Wulandini, P., & Suyanti, N. (2023). TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS X. Jurnal Menara Medika, 6(1), 171–178.
Tifferet, S. (2020). Gender Differences in Social Support on Social Network Sites: A Meta-Analysis. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 23, 1–11. https://doi.org/10.1089/cyber.2019.0516
Wamad, S. (2022, September 7). Mahasiswa Rentan Alami Stres dan Depresi, Ini Penyebabnya. detikJabar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reza Rahmah, Luluk Masluchah, Windy Chintya Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.