Pengaruh Motivasi Ustadz Terhadap Etos Belajar Santri Di Pondok Pesantren

Authors

  • Khasanah Uswatun Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri
  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32492/idea.v6i1.6107

Keywords:

Motivation, Learning Ethic, Islamic Boarding School.

Abstract

Motivation is the drive to behave. Motivation is a psychological process that reflects the attitudes, needs, perceptions, and decisions that occur in a person. Someone succeeds in learning because of encouragement or motivation from within that spurs the learning ethos is an attitude or behavior that grows in doing learning. This study aims to determine the effect of cleric’s motivation on students’ learning ethos. The subjects in this study were 40 studensts. The results of statistical test analysis using the Pearson Product Moment SPSS 20 foe Windows program showed the magnitude of the correlation between ustadz’s motivation and learning ethos was 0,408 with a significance of 0,009. So the relationship between ustadz motivation and learning ethos is very high, and Ha is accepted and Ho is rejected. Provisions for conclusion of acceptance and rejection of the hypothesis if it is significant below of equal to 0,05, then Ha is accepted and Ho is rejected.

Author Biographies

Khasanah Uswatun, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

 

 

Uswatun Hasanah, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

 

 

References

Ahmad, Abu dan Widodo Supriono. Psikolo Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Ahmad, Patima “faktor-faktor yang mempengaruhi belajar”, Blogspot (online), http://.blogspot.com, 10, 2013.html, di akses tanggal 23 maret 2015 pukul 07.12.

Al Baqi, Safirudin, dkk. “Faktor Pendukung Motivasi Berperilaku Disiplin pada Santri Pondok Pesantren”, Jurnal Educan, (online),Vol. 1, No. 1, (e journal.unida.gontor.ac.id, 2017).

Anwar, Ali. Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel. Kediri: IAIT Press, 2009.

Arikunto, Suhaimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta, 2006.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2007.

Balqis, Putri, dkk. “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Administrasi Pendidikan, (online), Vol. 1, No. 1,, (journal.unsyiah.ac.id, 2014).

Fuad, Juhar, A dan Agus Eko Sujianto. Analisa Statistik dengan Program SPSS. Tulungagung, cahaya Abadi: 2014.

Haryani, Ratna. “Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi”, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, (online),Vol. 2, No. 1, (journal.unair.ac.id, 2014).

Hidayat, Mansur. “Model Komunikasi Kyai dengan Santri di Pesantren”, Jurnal Komunikasi ASPIKOM, (online), Vol. 2, No. 6, (journal.aspikom.org, 2016).

Hidayati, Beti Malia Rahma. “Efektifitas Pelatihan Self Management sebagai Upaya Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel Pare”, Journal An-Nafs, Vol.3, No. 1, 2018

Kharis, Khozin, M. “Pengaruh Motivasi Belajar Santri terhadap Peningkatan Kajian Kitab Salaf”, Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, (online), Vol.9, No. 1, (e journal.iaid.ac.id, 2017).

Larasati, Umi. “Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Konseling dalam Membangun Sikap Disiplin Siswa”, Jurnal Pendidikan, (online), Vol. 3, No. 1, (e journal.ust.jogja.ac.id, 2016).

Maimun, Agus dan Agus Zenul Fitri. Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Masrur, Mohammad. “Figur Kiyai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren”, Jurnal Ilmiah Pendidikanbab,(online), Volume 01, Nomor 02, (e journal.metrounew.ac.id, 2017).

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Nurdin, Muhamad. “Korelasi Motivasi Belajar dan Cara Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Kelistrikan Otomotif SiswaTeknik Kendaraan Ringan”, Jurnal Taman Vokasi, (online), Vol. 2, No. 2, (jurnl.ust.jogja.ac.id, 2014).

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Penelitian pemula. Bandung: Alfabeta, 2011.

Siregar, Sofian. Metode Penelitian Kuantitati.f Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Solina, Wira, dkk. “Hubungan antara Perlakuan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Disekolah”, Jurnal Ilmiah Konseling, (online), Volume.2, No. 1, (researchgate.net, 2013).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Suhendra, dkk. “Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kyai, Budaya Pesantren dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan Pesantren”, Jurnal Penelitian Pendidikan, (online), Vol. 2, No. 2, (jurnal.unnes.ac.id, 2017).

Suprihatin, Siti. “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 1, No. 1, (ojs.fkip.ummetro.ac.id, 2015).

Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Susilo, Joko, M. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus, 2006.

S.J, Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi, 2004.

Wahyono, Bayu, S. “Etos Belajar Siswa Sekolah di Daerah Pinggiran”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, (online), Vol. 1,No. 1, (journal.uny.ac.id, 2013).

Wicaksono, Danang “Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Sebagai Akibat Dari Latihan Bolavoli Terhadap Prestasi Belajar Atlet Di Sekolah”, Tesis M.Or., Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Winarsunu, Tulus. statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press, 2015.

Yusuf, Muru, A. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2016.

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Uswatun, K., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Motivasi Ustadz Terhadap Etos Belajar Santri Di Pondok Pesantren. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(1), 64–76. https://doi.org/10.32492/idea.v6i1.6107