Strategi Pengembangan Produk Jajanan Tradisional (Dumbleg) Khas Gondang-Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.32492/kambium.v1i1.900Abstract
Usaha dumbleg merupakan industri rumah tangga yang bergerak di bidang pengolahan, produk yang dihasilkan adalah dumbleg yang merupakan makanan khas Daerah Nganjuk. Dumbleg telah ada mulai tahun 1942, namun perkembangan usaha ini belum terlihat, sehingga hal tersebut menuntut pemilik untuk menciptakan konsep strategi pengembangan usaha yang sesuai agar dapat mendorong untuk tumbuh dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apa sajakah faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman bagi usaha makanan khas Nganjuk (dumbleg) di Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, (2) Bagaimanakah strategi yang tepat dalam pengembangan usaha makanan khas Nganjuk (dumbleg) di Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, (3) Apakah prioritas strategi dalam pengembangan usaha makanan khas Nganjuk (dumbleg) di Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT, yang meliputi IFE, EFE, kemudian dikembangkan menggunakan Analisis Matrik I-E dan Matriks SWOT, serta penentuan strategi prioritas menggunakan Analisis QSPM. Berdasarkan analisis SWOT dan QSPM diperoleh satu alternatif yang dapat diprioritaskan oleh industri rumah tangga ini adalah melakukan produksi setiap hari dengan kapasitas sesuai dengan permintaan konsumen dengan total TAS terbesar yaitu 6.054.
References
Aisyah, Shally Alpriany. 2013. “Strategi Pengembangan Usaha Sapi Potong (Studi Kasus CV Mitra Tani Farm)”. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Online-Edition. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/8482. [20 Juni 2022]
Amirullah. 2015. Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Aprianto, Imam Ma’ruf. 2013. “Strategi pengembangan usaha pada UMKM Rumah Busana Faiza Bordir Di Kecamatan Bangil Kota Pasuruan”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, FEB Online–Edition. http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/imfeb/article/view/928. [20 Juni 2022]
Daft, Richard L., 2002. Manajemen. Jakarta: Erlangga.
David, Fred R. dan Forest R. David. 2015. Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, Ni Putu Kiki Vrashinta. 2015. “Strategi Pengembangan Usaha Produksi Roti Bali Kencana Bakery, Denpasar”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, Online–Edition. http://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/16933.
Indariawati, Praba. 2011. “Kajian Strategi Pengembangan Usaha Industri Kripik Singkong Perusahaan PT Inti Sari Rasa di Bekasi”. J. Manajemen IKM, Online–Edition. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/3744. [22 Juni 2022]
Lukmandono. (2015). Analisis SWOT untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing di Sektor Industri Kreatif. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
Nasution, S. 2001. Metode Research. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nuroso, Agus. "Pembuatan dodol susu." Jurnal Teknologi Pertanian 2.2 (2013): 12-17.
Pandelaki, Louora. 2013. “Strategi Pengembangan Budidaya Rumput Laut Di Pulau Nain Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis”, Online–Edition. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JPKT. [22 Juni 2022]
Priharjanto, Soesetyo. 2012. “Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Makanan Ringan Pada PD Sinar Berlian di Jakarta Barat”. Jurnal IPB, Online–Edition. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnal%20mpi. [18 Juni 2022]
Purwono, Joko. 2009. “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Telur Puyuh (Kasus Peternakan Puyuh Bintang Tiga, Cibungbulang, Bogor)”. Jurnal Neo-Bis, Online–Edition. http://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/583. [20 Juni 2022]
Rangkuti, Freddy, 2003. Analisis SWOT dan Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2015. Teknik Membedah Kasus Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara.








