Strategi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Pemenangan Pemilu Di Dapil II Tahun 2024 ( Studi Di wilayah Kecamatan Diwek)

Authors

  • Wahyu Budiono Universitas Darul Ulum Jombang
  • Shobirin Noer Universitas Darul 'Ulum
  • Machwal Huda Universitas Darul 'Ulum
  • Khudrotun Nafisah Universitas Darul 'Ulum

Abstract

Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan pilar utama demokrasi di Indonesia, di mana partai politik berlomba untuk meraih dukungan publik. Keberhasilan sebuah partai politik, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dalam memenangkan pemilu sangat bergantung pada efektivitas strategi yang diterapkan, terutama di tingkat lokal yang memiliki karakteristik sosiokultural unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis secara mendalam strategi pemenangan yang diimplementasikan oleh PDI Perjuangan pada Pemilu di Daerah Pemilihan (Dapil) II, dengan studi kasus yang difokuskan pada wilayah Kecamatan Diwek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan fungsionaris partai, calon legislatif, tim sukses, dan tokoh masyarakat di Kecamatan Diwek. Selain itu, data juga diperoleh dari observasi terhadap kegiatan kampanye dan analisis dokumen terkait strategi pemenangan partai, hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PDI Perjuangan dalam pemenangan Pemilu di Dapil II khususnya wilayah Diwek dilakukan secara komprehensif melalui penguatan struktur partai, kampanye langsung kepada masyarakat, optimalisasi media sosial, pendekatan berbasis karakteristik wilayah, serta pendidikan politik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kemenangan PDI Perjuangan di Dapil II, khususnya di Diwek, tidak terlepas dari kombinasi strategi yang mengakar pada struktur partai yang kuat dan kemampuan beradaptasi dengan dinamika sosiokultural lokal. Keberhasilan ini ditentukan oleh sinergi antara mesin politik yang efektif, popularitas figur yang diusung, serta program yang relevan dan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

 

 

References

Agustin Tri Handayan (2024) Strategi Komunikasi Tim Sukses Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Pdip) Dalam Pemenangan Pemilu Legislatif 2024

Budiardjo, Miriam. 2019. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta. PT Gramedia Pustaka

Cindy Ignacia Fure (2020) Strategi PDI-Perjuangan Dalam Pemenangan Calon Legislatif Perempuan Di Kabupaten Halmahera Barat

Freddy Rangkuti, 2019, Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Firmanzah. (2018), Marketing Politik, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Meraldi Tamuntuan (2020) Strategi PDI-Perjuangan Dalam Pemenangan Anggota Legislatif Daerah Pemilihan III Di Tomohon Selatan Tahun 2019

Mintzberg, Henry, James Brian Quinn, dan Jhon Voyer,(2017) “The Strategy Process”. London: Prentic Hall International, Inc

Moleong L. J. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nimmo, (2011). Komunikasi Politik: Komunikator,Pesan,dan Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2022, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Undang-Undang No 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik

Wibowo. (2017). Perilaku Dalam Organisasi. Edisi 1-2. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2025-12-05

How to Cite

Budiono, W., Shobirin Noer, Machwal Huda, & Khudrotun Nafisah. (2025). Strategi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Pemenangan Pemilu Di Dapil II Tahun 2024 ( Studi Di wilayah Kecamatan Diwek). Journal of Public Power, 9(2), 34–46. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/jpp/article/view/1032