Praktik Thrifting Pada Kalangan Masyarakat Kelas Atas Konsumen Jombang Thrift Style

Authors

  • Karin Tria Amelia Universitas Darul 'Ulum
  • Abu Tazid Universitas Darul 'Ulum
  • Khudrotun Nafisah Universitas Darul 'Ulum
  • Farichatun Nisa Universitas Darul 'Ulum
  • Bambang Widianto Akbar Universitas Darul 'Ulum

Abstract

Thrifting pada mulanya dilandasi karena alasan ekonomi dan konsumsi yang bertujuan untuk keberlanjutan tetapi pada perjalanannya globalisasi dan perkembangan zaman membuat keadaan sosial budaya mengalami perubahan. Kegiatan berbelanja barang bekas yang kerap dilakukan oleh masyarakat golongan kelas bawah, kini sudah berubah bahkan menjadi gaya hidup yang bahkan dapat mencerminkan golongan kelas atas. Topik kajian dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana masyarakat kelas atas merepresentasikan gaya hidup nya melalui thrifting terutama konsumen Jombang Thrift Style. Penelitian ini difokuskan kepada masyarakat kelas atas konsumen Jombang Thrift Style dengan teknik penentuan informan menggunakan purposive, kemudian dikaji menggunakan teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Paul Budrillard. Informan dalam penelitian ini terdiri dari anggota komunitas Jombang Thrift Style dan masyarakat kelas atas konsumen Jombang Thrift Style. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa komunitas Jombang Thrift Style berperan dalam perkembangan thrifting di Kabupaten Jombang. Hadirnya komunitas Jombang Thrift Style juga mampu menghadirkan gaya hidup baru bagi masyarakat kelas atas. Representasi thrifting pada masyarakat kelas atas adalah sebagai berikut: bentuk thrifting dalam simulasi dan simulakra; thrifting menjadi bentuk hyperreality; thrifting mengakibatkan desublimasi simbolis. Motif utama masyarakat kelas atas konsumen Jombang Thrift Style melakukan thrifting adalah sebagai bentuk representasi eksklusifitas golongannya.

References

Agatha, R., Salsabila, C., Holida, N., & Nurianti, S. D. (2023). Konstruksi Pemasaran Thrifting Menggunakan Media Sosial. Sinar Dunia, 202.

Aswadana, P., Rahayu, D. A., & Effendy, M. A. (2022). Pandangan Mahasiswa Universitas Nnegeri Surabaya Terhadap Perubahan Gaya Hidup Akibat Fenomena Thrifting. Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial, 535-536.

Ayu Rizky, P., & Teguh, H. R. (2023). Fenomena Thrifting sebagai Gaya Hidup Ramah Lingkungan Milenial di Jakarta. CARAKA : Indonesia Journal of Communication, 47.

Budy Kusnandar, V. (2022, September 14). databooks. From Katadata Media Network: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/14/sebanyak-115-juta-masyarakat-indonesia-menuju-kelas-menengah

Djalal, T., Adam, A., & Kamaruddin, S. A. (2022). Masyarakat Konsumen dalam Perspektif Teori Kritis Jean Bbaudrillard. Indonesian Journal of Social and Educational Studies , 255.

Dr. J. R. Raco, M. M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dr. J.R. Raco, M. M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dwi Putranto, T. (2018). Kelas Sosial DanPerempuan Generasi Z di Surabaya Dalam Membuat Keputusan Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas. JURNAL KOMUNIKASI PROFESIONAL, 20.

Fadila, N. N., Alifah, R., & Faristiana, A. R. (2023). Fenomena Thrifting Yang Populer Dikalangan Mahasiswa. Jurnal Inovasi Iilmu Pendidikan, 285.

Fatmawati, I., Sarmadiyah, N. R., & Rosyidah, D. Z. (2024). Stratifikasi Sosial Masyarakat Minang Pada Novel di Bawah Lindungan Ka'bah Karya Hamka (Stratifikasi Sosial Max Weber). LESTARI: JURNAL BAHASA DAN SASTRA, 42.

Hendriwani, & Subur. (2020). Teori Kelas Sosial dan Marxsme Karl Marx. JURNAL KALAM DAN FILSAFAT, 20.

ID, A. (2022, March 16). Indonesia Data. From indonesiadata.id: https://indonesiadata.id/variabel-dan-analisis-ses/

Mevia Setiyana Putri, A. A., & Patria, A. S. (2022). PERANCANGAN REFERENSI GAYA BERPAKAIAN THRIFTING MELALUI FEED INSTAGRAM. Jurnal Barik, 126.

Nadhila, S., Muzhirah, Sajali, H., & Andinata, M. (2023). Eksistensi Diri Remaja Dalam Penggunaan Pakaian Bekas (Studi Kasus Pada Konsumen Thrifting Pajak Melati Medan). INNOVATIVE, 2342.

Qurrotaayun, B., Eka Putri, M. L., & Ferdiansyah, Y. P. (2023). Dampak Pelarangan Impor Pakaian Bekas (Thrift) terhadap Pedagang di ndonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1327.

Rakasiwi, L. S., & Kautsar, A. (2021). Pengaruh Faktor Demografi dan Sosial Ekonomi terhadap Status Kesehatan Individu di Indonesia. Kajian Ekonomi Keuangan, 150.

Sakinah, N., Mega Nanda, D., & Toharuddin. (2022). Trend Fashion di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi Trend Fashion di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 36.

Sakinah, N., Mega Nanda, D., & Tohiruddin. (n.d.).

Saumantri, T. (2022). Konsumerisme Masyarakat Kontemporer dalam Pemikiran Jean Baudrillard. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 56.

Setia Bakti, I., Nirzalin, & Alwi. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK, 151.

Setia Bakti, I., Nirzalin, & Alwi. (2019). KONSUMERISME DALAM PERSPEKTIF JEAN BAUDRILLARD. Jurnal Sosiologi USK, 149-150.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung: ALFABETA.

Syaifudin, S. I., & M. (2018, March 13). Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. From Etheses of Maulana Malik

Ibrahim State Islamic University: http://etheses.uin-malang.ac.id/10228/

Tazid, Abu. (2017). Tokoh, Konsep dan Kata Kunci Teori Postmodern.Yogyakarta:Deepublish

____________. (2020). Interrelasi Disiplin Ilmu Sosiologi. Catatan Kunci & Ikhtisar Teoritik.Surabaya:Jakad Media Publishing

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Amelia, K. T. ., Tazid, A., Nafisah, K., Nisa, F., & Akbar, B. W. (2024). Praktik Thrifting Pada Kalangan Masyarakat Kelas Atas Konsumen Jombang Thrift Style. Journal of Public Power, 8(2), 1–16. Retrieved from https://ejournal.undar.or.id/index.php/jpp/article/view/719