Perancangan Wind Speed And Direction Sensor Pada Vehicle Dinamic Heading

Authors

  • Feri Febrianto Universitas nurul jadid

DOI:

https://doi.org/10.32492/nucleus.v2i2.2203

Keywords:

Heading

Abstract

- Pentingnya data kecepatan dan arah angin pada suatu vehicle, terutama vehicle untuk di laut. vehicle laut atau kapal dibutuhkan oleh para surveyor atau kapten kapal untuk dapat membaca data-data angin sebagai parameter pengoperasian kapal dalam melakukan pekerjaan. pengukuran kecepatan dan arah angin menggunakan sensor wind speed dan direction. data-data sensor tersebut akan di tampilkan dan dikirim bahkan ke software aplikasi managment kapal. data direction merupakan data arah angin yang membaca dari utara, timur, selatan dan barat. data arah angin tersebut akan terbaca secara benar (true wind direction) jika arah hadap kapal tetap. pada kenyataan arah hadap kapal berubah-ubah sehingga sensor pada umumnya atau dipasaran tidak bisa membaca true direction of wind jika diaplikasikan ke kapal. oleh karena itu dari permasalahan tersebut pada skripsi ini diusulkan perancangan wind speed and direction sensor pada vehicle dynamic heading. Penelitian ini bertujuan untuk memeberikan referensi baru terhadap perancangan wind speed dan direction sensor menggunakan high resolution dan true direction berdasarkan heading reference system agar heading kapal dapat dihitung dan arah mata angin sesungguhnya bisa dibaca. Hasil pengujian perancangan wind speed and direction sensor pada vehicle dinamic heading dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan sensor kompas sebagai heading kapal maka heading kapal bisa dihitung dan arah mata angin sesungguhnya bisa dibaca. Instrumen ini bermanfaat bagi surveyor atau kapten kapal untuk dapat membaca data-data angin sebagai parameter pengoprasian kapal dalam melakukan pekerjaan.
Dari metode penelitian serta metode analisa data yang telah dilakukan sejak pertama dapat disimpulkan hasil dari penelitian tersebut, maka ketika kecepatan angin dibawah 2 km/jam atau 55,5556 cm/s maka keluaran sensor 0 V. Ketika kecepatan angin ≥ 2 km/jam sensor mulai mendeteksi dan muncul keluaran tegangan. Karena keterbatasan alat untuk pengujian, maka angin yang diuji hanya sampai 20 km/jam atau 555,556 cm/s. hasil dari perbandingan antara anemometer dengan penelitian ini ditemukan tingkat error sebesar 1,052%.

References

G. Girsang, G. I. Hapsari, dan D. R. Suchendra, “RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGUKURAN KECEPATAN ANGIN DAN ARAH ANGIN BUILD AND DESIGN PROTOTYPE OF MEASURING WIND SPEED AND DIRECTION.”

A. Di Kampus, “UJI POTENSI KECEPATAN ANGIN SEBAGAI SUMBER ENERGI.”

F. Muhammad Syarif, “SENSITIVITY STUDY OF TURNING MOTION OF SHIPS USING WHOLESHIP MODEL.”

K. N. Fuadi dan S. Attamimi, “Sistem Pemantau Kecepatan Angin dan Arah Angin Untuk Engine Ground Run Area Berbasis Internet of Things,” Jurnal Teknologi Elektro, vol. 12, no. 3, hlm. 129, Okt 2021, doi: 10.22441/jte.2021.v12i3.005.

F. Elsa Safitri, “Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan Sidik Jari (Fingerprint) dan Password Berbasis Arduino,” JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, vol. 3, no. 2, 2022, doi: 10.24036/jtein.v3i2.269.

M. Taufikurrahman, H. Aprilianto, dan J. A. Yani Km, “Penerapan Sistem Navigasi Sensor Kompas Pada Robot Beroda”.

“Arduino Nano.” Nano, A. (2018). Arduino Nano. A MOBICON Company. Nano, A. (2018). Arduino Nano. A MOBICON Company.

Downloads

Published

2023-11-05

How to Cite

Febrianto, F. (2023). Perancangan Wind Speed And Direction Sensor Pada Vehicle Dinamic Heading. Nucleus Journal, 2(2), 95–103. https://doi.org/10.32492/nucleus.v2i2.2203

Issue

Section

Articles